Siang ini terbangun karena deringan HP dari seorang teman dari digitalpoint yang belakangan baru ketahuan ternyata dari Indonesia juga. Ngajak chatting, ngobrol banyak soal Internet Marketing, termasuk soal SEO yang makin “menantang” sejak era panda dan pinguin. Setelah obrolan berakhir, saya mulai merenung tentang apa yang saya harus lakukan dalam merespon industri kreatif yang begitu dinamis ini. Sebuah dimensi yang bergerak begitu cepat dan tak terduga dari semua lini. Begitu banyak jika harus dijabarkan satu persatu, entah itu dari sisi metode, trending, tools, dan masih banyak lagi.
Mari sejenak kita melihat Google yang merubah algoritmanya secara berkala. Saat kita terjebak dengan teknik SEO yang konservatif tanpa mengikuti trend, sudah pasti kita akan kalah bersaing, mutlak. Contoh lain mungkin kita bisa melihat saat pertengahan tahun 2012 bisnis jasa penambahan like fan page Facebook sudah kurang dilirik lagi karena popularitas FB-ads itu sendiri yang semakin booming. Atau kita mundur beberapa tahun lagi sebelum eranya Facebook, di mana Friendster dan MySpace menjadi kekuatan sebagai media pemasaran online, dan sekarang, halo… bagaimana kabar mereka?
Berbicara soal dinamisnya industri di bidang social media, perlu anda ketahui bahwa para pengguna sosial media di kalangan remaja mulai beralih dari Facebook ke Twitter. Di negara-negara seperti US, CA, atau UK mungkin Facebook sudah mulai turun popularitasnya, meskipun di Indonesia masih juara tapi kita berbicara soal industri global.
Bagaimanapun juga, itulah industri online. Sangat dinamis dan akan terus bergerak dan pastinya akan mustahil untuk membendungnya, sehingga kita selalu dituntut untuk mengikuti perkembangannya. Tapi yang paling penting adalah bagaimana cara kita menyikapinya.
Lantas, sebagai pemasar online yang hidup dari industri ini, apa yang harus kita lakukan terhadap fenomena ini? Saat menulis artikel ini saya sempat terdiam cukup lama. Mulai berpikir untuk terbuka dalam melihat kondisi dan sentimen pasar, menanggalkan fanatisme dalam segala hal termasuk metode-metode tertentu yang mulai ketinggalan, intinya mencoba untuk menerima semua hal yang baru dan yang paling penting adalah untuk berpikir kreatif. Ya, karena saya berada di dalam industri kreatif, dan karena matahari sudah hampir terbenam, sekarang waktunya saya untuk tidur kembali… 😀
Sampaikan Komentar Anda: