Lijit yang beberapa waktu lalu berubah nama menjadi Sovrn adalah jaringan iklan CPM dan analisis perusahaan periklanan yang berbasis di AS. Lijit terbentuk pada 2006, kemudian diakuisisi oleh Federated Media pada tahun 2011 dan kemudian memutuskan untuk mempertahankan Lijit sebagai merek independen. Pada 28 Januari 2014, lijit kembali menjadi independen di bawah nama baru: Sovrn.
Mereka secara dinamis mengoptimalkan inventaris iklan berdasarkan page context, user demographics dan lokasi. Mirip dengan AdSense, mereka mengindeks konten dan menganalisis keywords, keyword density dan mungkin beberapa faktor lain untuk menentukan isi dari konten yang ditampilkan. Selain premium campaigns, mereka juga bekerja sama dengan jaringan iklan pihak ketiga di mana kita dapat mengajukan tawaran untuk inventaris iklan yang pastinya akan tertarget sesua dengan pengunjung. Namun masalahnya adalah bagaimana sistem penargetan audience ini bekerja, pasalnya saya tidak tinggal di AS, sehingga saya tidak bisa melihat iklan mereka, meskipun terkadang saya menggunakan VPS dengan IP US, iklan mereka tetap tidak muncul.
Sistem dan pelaporan menggunakan publisher dashboard yang sangat bagus dan mudah digunakan. Lijit mendukung semua ukuran standar grafis dan media yang kaya iklan, iklan mobile dan iklan video VAST. Mereka juga menawarkan iklan yang disebut “high-impact ads”, yang mana belakangan saya baru tau itu adalah istilah lain untuk popup. Salah satu fitur menarik yang saya suka dari lijit adalah laporan statistik dan demografi user. Hal ini memungkinkan kita untuk melihat data tentang traffic sources, jumlah page views hingga laporan jenis kelamin, usia, etnis dan lain-lain seperti yang biasa ditampilkan di alexa, bedanya fitur ini gratis. Saya tidak bisa mengatakan jika data demografi mereka akurat, karena saya tidak pernah melakukan penelitian untuk hal ini, akan tetapi traffic statistics yang mereka berikan tidak beda jauh dengan Google Analytics.
Mereka menawarkan CPM rates untuk trafik dari AS – sistem Lijit menyebutnya “domestic traffic” – yang sangat bagus, dan terkesan sangat tinggi jika dibandingkan dengan jaringan CPM lainnya yang pernah saya coba. Bahkan saya berani mengatakan Lijit adalah CPM yang menawarkan nilai eCPM (baik US ataupun International) yang paling tinggi, bisa dikisaran 0,2 – 0,4. Sayangnya, nilai fill rate mereka sangat rendah, sekitar 30% – 40%, yang artinya jika website yang anda daftarkan memiliki PV 1k-2k per hari, berarti anda belum bisa mendapat profit. Dari pengalaman saya, fluktuasi CPM dan fill rate yang terjadi biasanya menunjukkan kualitas konten (konten asli, konten menarik), jenis audiens, termasuk juga waktu liburan yang cenderung mendorong nilai CPM yang lebih tinggi. Ada satu hal yang sangat saya suka yaitu iklan mereka benar-benar bersih, artinya tidak ada iklan yang menyesatkan, spyware atau gangguan serupa. Ditambah lagi dengan fitur yang mereka sebut “Floor Price” di mana kita bisa menentukan sendiri nilai CPM minimum dari iklan yang akan ditampilkan.
Sejauh saat ini saya memiliki pengalaman yang cukup baik dengan Lijit, meskipun saya belum menjadikannya sebagai prioritas, tapi dalam waktu dekat sepertinya akan menjadi prioritas utama saya mengingat jaringan iklan CPC sekarang nilainya hancur lebur. Sekedar mengingatkan jika memang anda ingin menggunakan Lijit sebagai jaringan utama, jangan lupa untuk mengatur default tags, karena jika tidak, inventaris iklan anda tidak akan terjual. Untuk pembayaran sendiri minimal $25 dan semua pembayaran dilakukan via PayPal. Anda akan menerima pendapatan dari bulan sebelumnya pada akhir bulan berikutnya yang mana seingat saya mereka selalu tepat membayar pada tanggal 28, meskipun di halaman FAQ mereka tertulis NET 30.
Secara keseluruhan, Lijit/Sovrn sangat bagus.
Plus
- Handal dalam waktu pembayaran
- Responsif dan helpful support
- Perusahaan yang jelas dengan nomor telepon dan alamat fisik
- Nilai CPM yang tinggi untuk trafik AS
Minus
- Fill rate bisa sangat rendah untuk trafik non-AS
Saya baru tahu.hehe